Kamis, 28 Juni 2012

Menyiapkan Diri Menyambut Bulan Suci


Oleh : Rojikin, Ketua Bidang Kaderisasi DPC PKS Banguntapan


Setiap kali menjelang memasuki Ramdhan, kita sering mendapatkan ucapan tahniah dari teman dan saudara, sebuah ungkapan doa yang sangat terkenal, Allahumma bariklana fi Rajab wa Sya’ban, wa ballighna Ramadhan. Ya Allah, berkahilah kami pada bulan Rajab dan Sya’ban, dan sampaikanlah kami kepada Ramadhan. Sebaliknya, kitapun kemudian menyebarluaskan pula dengan maksud untuk mengingatkan bahwa sudah dekat Ramadhan.
Sesungguhnya, esensi yang tersimpan di dalam kalimat doa ini adalah untuk menyiapkan diri menyambut Ramadhan. Berharap memasuki bulan Rajab dan Sya’ban dengan penuh berkah. Berharap bisa memasuki Ramadhan dengan kondisi kesehatan, kekuatan, kesiapan dan kebaikan yang prima.
Pada kenyataannya, tidak semua manusia bisa bertemu Ramadhan tahun ini. Kendati tinggal satu atau dua hari lagi. Di antara manusia ada yang telah dipanggil menghadap Allah sebelum sempat menikmati Ramadhan berikutnya. Bahkan ada yang meninggal sehari sebelum masuk bulan Ramadhan. Kita tidak tahu apakah akan bisa menjumpai Ramadhan tahun ini. Untuk itulah kita berdoa, memohon agar bisa menjumpai Ramadhan lagi.

Namun pertanyaan pentingnya adalah, untuk apa kita perlu bertemu Ramadhan? Tentu saja, untuk mendapatkan berbagai keistimewaannya. Agar bisa menemukan segala rahasia keindahan Ramadhan yang Ia berikan kepada kita. Sepenuh jiwa kita berharap limpahan rahmat, berkah, ampunan, kehidupan yang taqwa, akhir hidup yang mulia, akhirat yang bahagia.
Hari-hari menjelang Ramadhan ini, berharap bisa kita lalui sepenuh keberkahan dariNya. Jika pada bulan ini mampu kita isi dengan aktivitas yang penuh berkah, insyaallah kita akan bisa sampai Ramadhan dengan kesiapan jiwa untuk menikmatinya. Bisa berenang pada samudera kerahmatan Ramadhan yang teramat luas tanpa batas.
Berkahi kami pada Sya’ban ini ya Allah... Hingga kami sampai ke Ramadhan dengan sepenuh ketulusan dan kesiapan jiwa.... Aamiin...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar