Minggu, 01 Juli 2012

Indahnya Ukhuwah


Oleh : Sumi

Semalam seorang umahat menelepon, menceritakan kesulitannya dalam mempersiapkan pembayaran sekolah anaknya esok hari. Alhamdulillah putrinya telah diterima di PTN melalui jalur undangan. Tentu kedua orang tuanya berusaha keras untuk segera mendaftar pada jadwal yang telah ditentukan.
“Kami harus membayar 5 juta besok pagi jam 9, sementara kami belum pegang uang, karena pinjaman yang kami ajukan belum turun...” begitu ungkapnya. “Mohon rekomendasi bu, kemana kami bisa meminjam dana talangan...”

Saya membayangkan kebingungan umahat tersebut, namun saya juga tidak bisa menolong, karena juga tidak memiliki dana sebesar itu. Saya berpikir, akan saya coba komunikasikan dengan beberapa ikhwan dan akhwat yang saya kenal, semoga ada solusi.
Karena waktu itu saya sedang mengikuti sebuah rapat yang cukup penting, maka saya belum bisa memikirkan solusi masalah tersebut. Acara selesai terlalu malam, jadi saya pun belum sempat menghubungi siapapun.
Pagi hari jam 4, saya mencoba sms beberapa teman. Lalu saya lanjutkan telepon untuk meminta respon balik. Subhanallah, dalam waktu 2 jam, terkumpullah uang 5 juta tersebut, dana talangan dari beberapa orang. Bentuknya pinjaman lunak, yang bisa dikembalikan dengan angsuran tiap bulan.
Saya sungguh bersyukur, hanya Allah jua yang memberikan kemudahan dalam hal ini. Sehingga hari ini jam 9 tepat, umahat tersebut sudah bisa menyetorkan biaya daftar ulang anaknya. Alhamdulillah, tsumma alhamdulillah.
Itulah indahnya ukhuwah, saling tsiqah, tafahum, ta’awun dan takaful. Semoga ukhuwah ini kekal hingga ke akhirat, amin.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar