Selasa, 03 Juli 2012

Training Orientasi Partai (TOP) DPC Banguntapan


 Sebuah Pendidikan Politik

Banyak cara partai politik untuk mengajak masyarakat memilih dan bergabung dengan partainya, diantaranya adalah melalui iklan di televisi, koran, spanduk, baliho dan lain sebagainya. Namun PKS memiliki cara yang khas untuk mengenalkan dirinya ke tengah masyarakat. Tidak cukup dengan sekedar iklan atau memasang atribut di jalanan, namun dengan dialog terbuka langsung dengan masyarakat.
Ini sekaligus merupakan upaya memberikan pendidikan politik dan pengenalan tentang PKS kepada masyarakat, agar mereka tidak mendapatkan informasi yang salah dan menyesatkan. Untuk itulah DPC PKS Banguntapan menyelenggarakan Training Orientasi Partai (TOP), Ahad, 1 Juli 2012. Kegiatan TOP yang digelar di Ndalem Mertosanan berlangsung dari jam 08.00 hingga jam 12.00, diikuti oleh 24 orang peserta.

Acara dibuka dengan tilawah, dan diteruskan sambutan dari Ketua Bidang Kaderisasi DPC PKS Banguntapan, ustadz Rojikin. Dalam sambutannya, ustadz Rojikin menyampaikan maksud diselenggarakannya TOP itu adalah sebagai bagian utuh dari proses pendidikan politik. “Masyarakat harus semakin cerdas memilih partai politik, jangan mudah dibohongi dan jangan mudah tertipu oleh iklan. PKS membuka diri untuk dipelajari, dikenalkan dan didiskusikan”, ujar ustadz Rojikin.
Usai mendapatkan pengarahan dari Ketua Bidang Kaderisasi, dilanjutkan dengan menonton film pendek tentang aktivitas PKS. Melalui film ini diharapkan para peserta mendapatkan gambaran umum mengenai dinamika dan perjuangan PKS.

Materi utama dalam kegiatan TOP tersebut disampaikan oleh narasumber ustadz Agung Laksmono, S.Si. anggota FPKS DPRD Bantul. Beliau menyampaikan penjelasan mengenai Karakter PKS dan Tujuan Hidup Manusia. Ustadz Agung Laksmono menjelaskan bahwa manusia memiliki tujuan hidup yang sangat mulia, bukan hanya untuk mengurus kepentingan pribadinya, namun untuk berkontribusi dalam berbagai bidang kehidupan di tengah masyarakat, bangsa dan negara.
“PKS mengedepankan pembinaan berkelanjutan, dimulai dari pembinaan setiap individu pengurus dan anggotanya, serta pembinaan kehidupan keluarga. Masyarakat akan menjadi baik apabila terdiri dari individu dan keluarga yang baik. Selanjutnya bangsa, pemerintahan dan negara akan menjadi baik apabila individu, keluarga dan masyarakatnya juga baik”, demikian penjelasan ustadz Agung Laksmono.
Kegiatan TOP dilaksanakan setiap bulan sekali di DPC PKS Banguntapan sebagai bagian dari proses rekrutmen anggota baru. “Ini merupakan komitmen DPC PKS Banguntapan untuk terus menerus melakukan proses rekrutmen agar semakin kokoh dalam melangkah menuju pemenangan dakwah, terutama menyongsong perhelatan Pemilu 2014 nanti”, ujar ustadz Umar Hidayat, Ketua DPC PKS Banguntapan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar